Saturday, August 29, 2015

"ABG itu gak LABIL"

ABG   itu  gak    LABIL





Hai Everybody, khususnya buat ABG (anak baru gede). Bagaimana kabar kalian hari ini? Hidup hari ini mengajarkan apa pada kalian???.........  :D sebelumnya perkenalan dulu ya, nama aku NURUL HIKMAH biasa dipanggil nurul (untuk lebih lanjut telusuri blog ini aja  ya guys). 

sebenarnya aku membuat blog ini untuk banyak tujuan :
  1. sebagai pengisi waktu luang
  2. tempat menampung kreatifitasku, hobyku, dan uneg-unegku (bisa dibilang tempat curhat juga sih, hehe :D)
  3. ingin berbagi pengalaman dan pelajaran yang aku dapat dan yang aku tau untuk kalian 
  4. ingin jadi bermanfaat
  5. memanfaatkan tekhnologi yang ada untuk kebaikan 
nah itu guys tujuan aku bikin blog ini, semua yang aku tulis disini adalah apa yang pernah terlintas dalam fikiranku sendiri. jadi jika dalam postingan ini ada beberapa kata atau kalimat atau pelajaran yang salah kritik saja ya guys. karena aku juga bukan orang yang sempurna. oke guys? ok deh
langsung aja nih ya guys ke pembahasan awal aku tentang ABG.

ABG adalah kepanjangan dari anak baru gede. menurut aku guys anak baru gede itu berarti sekitar umur baligh (13-18 tahun), itu menurut aku loh ya. namanya aja anak "baru" gede, tau gak maksudnya kata baru? disitu banyak banget mengandung makna dari kata Anak Baru Gede. anak seusia itu rata-rata anak SMP, SMA, bahkan mungkin kuliah. dan pada saat-saat itulah ABG banyak mendapat hal-hal baru dari yang menyenangkan sampai menyedihkan, dari yang mengasyikan sampai meyebalkan, dari yang bagus sampai yang jelek, dari yang benar sampe yang salah pokoknya disitu kita menjadi tau apa yang sebelunmnya tidak tau. dari penemuan-penemuan semua itulah ABG  diajak untuk memilah dan memilih mana yang baik dan mana yang tidak baik.

 pertanyaannya adalah bagaimana kita memilih pilihan yang baik sedangkan semua orang menganggap pilihannya sendiri itu baik??? ya, memang pandangan semua orang terhadap sesuatu itu berbeda-beda. contohnya orang yang suka wortel bilang bahwa wortel adalah makanan yang sangat lezat tapi orang yang tidak suka wortel mengatakan bahwa wortel adalah makanan yang sangat pahit. berbeda dengan BAIK dan TIDAK BAIK, baik dan tidak baik adalah sesuatu yang berlawanan meskipun keduanya berlawanan namun kriteria untuk menentukan BAIK dan TIDAK BAIK itu ada. sekarang kita telusuri kenapa kedua orang tadi ada yang mengatakan wortel itu makanan yang paling lezat sedangkan orang yang satu mengatakan bahwa wortel adalah makanan yang paling pahit. diilihat dari segi kesehatan wortel itu sangat bagus untuk kesehatan khususnya kesehatan mata, berarti apakah orang yang mengatakan bahwa wortel adalah makanan yang paling lezat adalah orang yang dapat memilih pilihan yang baik? bisa jadi. kita telusuri lagi pada orang yang tidak suka wortel, kenapa orang tersebut tidak suka dengan wortel padahal wortel bagi kesehatan itu sangat baik? ternyata orang tersebut memilliki trauma dengan wortel, apakah orang yang memiliki trauma dapat dipaksakan untuk menyukai wortel? hmmm, jawabannya adalah jika orang tersebut mengalami trauma dengan wortel berarti orang tersebut mengalami ganggguan pada otaknya, yaitu pada bagian sugestinya tentang wortel bahwasanya wortel itu adalah sayuran yang tidak enak. sugesti atau trauma tersebut dapat dihilangjan dengan salah satu cara konsultasi pada pakar kepribadian (Psikiater), disitu orang tersebut akan digalih fikirannya kenapa sampai tidak suka dengan wortel dan ketika sudah menemukan akar permasalahnnya Psikiater tersebut pasti akan membenarkan sugesti orang tersebut dengan memberi sugesti yang baik, karena tentunya jika dalam pandangan kesehatan wortel adalah makanan yang baik maka pandangan bahwa wortel adalah makanan yang tidak baik itu ya tidak baik. jadi orang tersebut bisa menyukai wortel sebagaimana mestinya, jadi jawabannya bisa kalian simpulkan sendiri kan guys?

so, untuk menyamakan atau menselaraskan kriteria-kriteria pilihan yang BAIK, sebenarnya gampang. kita menuju ke pedoman Baiknya dulu. bagi kita orang muslim ya pedomannya al-Quran. didalam al-Quran sendiri sudah banyak menjelaskan tentang seluruh aspek kehidupan bahkan hampir semua cara hidup diatur alam al-Quran, tinggal kita sebagai orang yang berpedoman pada al-Quran mengamalkannya. nah orang- orang yang sudah memiliki pedoman hidup atau pegangan hidup, hidup mereka akan lebih terarah termasuk bagaimana cara meilih antara pilihan yang baik dan pilihan yang tidak baik. contoh: ada orang yang memiliki pilihan punya uang digunakan untuk sedekah atau digunakan untuk bermain games  dengan temannya yang tentunya lebih seru. jika orang tersebut benar benar berpedoman kepada al-Quran maka ia akan lebih memilih mensedekahkan uang tersebut kepada yang lebih membutuhkan tapi jika orang tersebut tidak berpedoman pada al-Quran maka yang akan dia lakukan tentunya bermain games dengan temannya. jadi inti bagaimana cara memilih  pilihan yang baik dan tidak baik adalah kita harus memiliki kriteria- kriteria pilihan baik atau pedoman hidup dulu.

lalu bagaimana dengan orang yang jahat? bagaimana dengan orang yang tidak menaati aturan? apakah mereka termasuk orang yang salah memilih pilihan? gak juga sih. 
ada 2 jawaban untuk pertanyaan ini:
  1. orang tersebut memang sengaja memilih pilihan  yang salah, karena dia nyamannya begitu.
  2. orang tersebut tidak tahu bahwa sebenarnya apa yang ia pilih adalah pilihan yang tidak baik. jadi sebenarnya mempedomankan sebuah pedoman hidup adalah kepercayaan setiap orang dan hal tersebut adalah hal yang tidak bisa dipaksakan pada semua orang. pembentukan kepercayaan itu adalah sejak mereka dibentuk sebuah pemikiran yaitu waktu mereka kecil bahkan balita. sejak saat itulah mereka sedang membentuk sebuah pedoman hidup yang mereka pelajari dari apa yang mereka pelajari sendiri dan juga dari orang- orang yang ada disekitar mereka tanpa disadari orang-orang tersebut, hal tersebut mempengaruhi pembentukan karakter pada anak. sehingga ketika ia beranjak dewasa karakter dia akan mengarah pada kenyamanan yang ada. jika karakternya bagus maka ia akan memilih pilihan yang biak namun  jika karakternya tidak bagus maka pilihannya juga akan mengikuti karakternya. karena karakternya itu ialah  kenyamanannya.
nah itu tadi guys pengulasan tentang ABG. sekarang pembahasannya nih ya guys. 
kenapa sih aku menuliskan judul "ABG itu gak LABIL". aku  itu adalah anak remaja yang bisa dibilang remaja beranjak dewasa (tapi gak dewasa-dewasa tuh. hahaha :D). banyak dibenak aku tersimpan rancangan untuk membangun  sebuah gedung impian yang kokoh atas hasil rancangan tersebut. kemudian ketika aku membabarkan rancangan tersebut kepada seseorang"bla bla bla, bla bla bla......," seseorang itu merespon "heleh kalo fikirannya ABG mah emang kaya gitu masih labil, belum merasakan sih. nanti kalo udah ngrasain baru tau rasa." aku terus berfkir, apa aku salah yah? apakah rancangan hasil pemikiranku itu salah? perasaan gak ada yang salah, gak ada yang gak bener dalam rancanganku. semua yang ada dalam rancanganku itu hal-hal baik, semua itu impian-impianku yang puncaknya adalah kesuksesan. aku rasa dia bicara seperti itu hanyalah masalah apa yang akan terjadi nanti (takdir) dan hal itu akan baik ketika kita berusaha semaksimal mungkin. asalkan kita berusaha? why not to try it?? tapi tetap saja perkataan itu menghantui fikiranku. akhirnya aku memutuskan untuk bertanya pada Guruku (Guru sepanjang masaku #********#) aku ceritakan semua dan beliau bilang "kalo punya rencana tuh gak usah kasih tau siapapun, nanti malah mematahkan semangat. cukup direncanakan, dimatangkan, dan dijalankan. udah ceritanya nanti kalo udah berhasil.. :D"

oh gitu toh, dari apa yang terjadi aku dapat  menyimpulkan bahwa; 
  1. dari perjalanan panjang seorang remaja/ABG, dari dia membentuk karakter, dari dia memilih pilihan yang baik, dari dia berproses menuju dewasa, dari dia menemukan banyak sekali hal- hal baru. akankan semudah itu orang mengatakan bahwa ABG itu labil? kalo memang seperti itu, berarti ABG itu salah. pemikirannya aja udah diangep labil, semua yang didapat dari proses dia menemukan dan belajar banyak hal itu salah. lalu buat apa ada masa remaja/ABG? iyakan? inget di dunia ini gak ada yang sia-sia,
  2. Live is Adventure guys, kalo kita hidup gak pernah melakukan suatu kesalahan sedikitpun itu mustahil banget guys. yang namanya manusia ya pasti punya salah, iya gak sih? anggap aja itu sebagai petualangan hidup. 
  3. kalopun iya terjadi suatu kegagalan kenapa mesti takut? hidup itu perjuangan guys bukan kesenangan. jalanin aja apa yang ada, yang penting tetep berusaha Allah juga tau kok mana hamab-hambaNYa yang bersungguh-sungguh.
  4. dan semua yang kita lakukan itu gak ada yang sia-sia. semua itu pasti bakal ada balesannya, entah itu perbuatan baik atau jahat. semua ada perhitungannya masing masing kok.
yang penting sekarang yang harus kita lakukan adalah bekerja dengan sungguh-sungguh (lillahita'ala) diniatkan ibadah, berusaha jadi terus lebih baik, ikhlas dan tulus,  hati akan jadi tenang dengan sendirinya  guys. oke guys?

cukup sekian dulu ya guys? kita lanjutkan nanti. kalo ada yang mau kritik dan saran, aku sangat persilahkan karena aku sangat membutuhkannya dan aku bukan manusia sempurna. oke guys??? see you.. :)

#bebetterandbarokallah


follow: @NurulH_ID 
atau 
kunjungi :www.facebook.com/nurulnyatrm

Thanks guys





No comments:

Post a Comment