RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : .
Kelas / Semester : IV / 2
Tema 6 : Indahnya Negeriku
Sub Tema 1 : Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan
Pembelajaran : 5
Alokasi Waktu : Jumat,13Januari 2017
1
x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD) &
INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Komepetensi Dasar (KD)
3.4 Menggali informasi dari teks
cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru
dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang
lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku
Indikator :
¡ Menemukan informasi penting dalam teks tentang sumber daya alam
¡ Menceritakan kembali teks cerita petualangan menggunakan kata-kata sendiri.
PPKn
Komepetensi Dasar (KD)
3.2 Memahami hak dan kewajiban
sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
Indikator :
¡ Menjelaskan hak dan kewajiban sebagai warga terhadap lingkungan dalam kehidupan sehari-hari
dengan wawacara.
¡ Melaporkan hasil wawancara secara lisan dan tulisan
PJOK
Komepetensi Dasar (KD)
3.6 Mengetahui konsep
kombinasi gerak dasar langkah dan ayunan lengan bertema budaya daerah mengikuti
irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6 Mempraktikkan gerak dasar langkah dan ayunan lengan bertema budaya daerah mengikuti
irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik
Indikator :
¡ Menjelaskan pola gerak dasar berirama
¡ Mempraktikkan pola gerak
dasar langkah dan ayunan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan menyaksikan
demonstrasi dan mendengar penjelasan dari guru, siswamampu menjelaskan pola
gerak dasar berirama bertema lingkungan hidup yangdilandasi konsep gerak
mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik denganpercaya diri.
¡ Dengan bereksplorasi,
siswa mampu mempraktikkan pola gerak dasar beriramabertema lingkungan hidup
yang dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan)tanpa/dengan musik dengan
tertib dan disiplin.
¡ Dengan membaca teks,
siswa mampu menceritakan kembali menggunakan katakatasendiri dengan bahasa yang
runtut dan santun.
¡ Dengan melakukan
wawancara dan wawancara, siswa mampu mempresentasikanhasilnya dengan bahasa
yang runtut dan bahasa yang santun.
D. MATERI PEMBELAJARAN
¡¡ Mengenal keindahan bawah laut

¡ Menggali informasi dari teks petualangan bergambar

¡ Mempresentasikan
hasil survei

E. METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Gurumemberikan
salam dan mengajak semua siswaberdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Gurumengecek kesiapan
diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa
kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan
pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan
dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya Negeriku”.
§ Guru menyampaikan tahapan
kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati,
menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
¡ Siswa mengamati
gambar tentang keanekaragaman hewan dan tumbuhan di pantai dan bawah laut. (Mengamati)
¡ Siswa menjawab
pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.(Menanya)
¡ Siswa menceritakan
cerita petualangan.(Mengkomunikasikan)
¡ Siswa menceritakan
pengalaman mereka berpetualang
¡ Setelah mengenal
keanekaragaman makhluk hidup di pantai, siswa mengikuti kegiatan ragam gerak
berirama.(Mengekplorasi)
¡ Siswa menyaksikan dan
mendengarkan penjelasan dari guru tentang pola gerak dasar berrama bertema
lingkungan hidup dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan)
tanpa/dengan musik.(Mengamati)
¡ Setelah belajar
tentang keanekaragaman tumbuhan dan hewan di Indonesia, siswa melakukan
survey secara berkelompok.(Mengekplorasi)
¡ Setiap kelompok
terdiri dari 5 orang. Setiap kelompok akan mewawancarai warga sekolah (kepala
sekolah, guru, staf tata usaha) sehubungan dengan hak dan kewajiban terhadap
lingkungan.(Mengasosiasi)
|
150 menit
|
Penutup
|
¡ Bersama-sama siswa
membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡ Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
¡ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti.
¡ Melakukan penilaian
hasil belajar
¡ Mengajak semua
siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
G. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya
Negeriku Kelas 4 (Buku TematikTerpadu Kurikulum 2013,
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Buku Siswa Tema : Indahnya
Negeriku Kelas 4 (Buku Tematik TerpaduKurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
H. PENILAIAN
PROSES DAN HASIL BELAJAR
PJOK dinilai dengan Rubrik
Bentuk dan Teknik Penilaian
1. Bentuk Penilaian
Setelah
memelajari semua gerakan senam irama di atas, tugaskan kepada siswa untuk
mempraktikkan semua gerakan di atas. Penilaian keterampilan gerakan yaitu
Kontinuitas
gerakan yang dihasilkan seiring dengan alunan musik.
Gerakan
yang satu dengan yang lainnya berkelanjutan (tidak patah-patah)
2. Teknik PenilaianGerakan Ayunan
Senam Ritmik
Kriteria
|
Skor (5)
|
Skor (4)
|
Skor (3)
|
Skor (2)
|
Skor (1)
|
1. Gerakan ayunan
satu lengan depan belakang
|
· Sikap
pemulaan:
-
Berdiri tegak
-
Kedua tangan di samping badan
· Hitungan
1:
- ayunkan tangan kanan ke depan dan tangan kiri ke
belakang
-
diikuti kedua lutut mengeper
· Hitungan
2:
- Tangan kanan diayunkan ke belakang dan tangan kiri ke
depan.
-
diikuti kedua lutut mengeper
· Pandangan
mata ke depan dan badan agak diputar ke samping.
·
Sikap
akhir: kembali ke sikap permulaan atau bisa ke sikap permulaan untuk gerakan
selanjutnya.
|
Jika siswa mampu melakukan empat kriteria
dengan benar
|
Jika siswa mampu melakukan tiga kriteria
dengan benar
|
Jika siswa mampu melakukan dua kriteria
dengan benar
|
Jika siswa mampu melakukan satu kriteria
dengan benar
|
2. Gerakan ayunan
dua lengan ke belakang dan ke depan
|
· Sikap
permulaan:
-
berdiri tegak melangkahkan kaki kiri
-
kedua lengan lurus ke depan
-
pandangan ke depan
· Hitungan
1:
-
kedua lengan diayunkan ke belakang samping
kiri
-
diikuti kedua lutut mengeper
· Hitungan
2:
-
Kedua lengan diayunkan kembali ke depan
-
diikuti kedua lutut mengeper
· Hitungan
3:
-
kedua lengan diayunkan ke belakang samping
kanan
-
diikuti kedua lutut mengeper
· Hitungan
4:
-
Kedua lengan diayunkan kembali ke depan
-
diikuti kedua lutut mengeper
· Pandangan
selalu mengikuti ayunan lengan
· Sikap
akhir
- kembali ke sikap permulaan atau bisa ke sikap permulaan
untuk gerakan selanjutnya.
|
Jika siswa mampu melakukan empat kriteria
dengan benar
|
Jika siswa mampu melakukan tiga kriteria
dengan benar
|
Jika siswa mampu melakukan dua kriteria
dengan benar
|
Jika siswa mampu melakukan satu kriteria
dengan benar
|
3. Gerakan Ayunan Lengan Silang dan
rentang di muka badan
|
· Sikap
permulaan:
-
berdiri tagak langkahkan kaki kiri
-
kedua lengan direntangkan
-
pandangan kedepan
· Hitungan
1:
-
kedua lengan disilangkan di depan dada
-
diikuti kedua lutut mengeper
· Hitungan
2:
-
kedua lengan direntangkan setinggi bahu
-
diikuti kedua lutut mengeper
·
Pandangan
ke arah kanan lalu bergantian ke kiri sesuai ayunan lengan
· Sikap
akhir
- kembali ke sikap permulaan atau bisa ke sikap permulaan
untuk gerakan selanjutnya.
|
Jika siswa mampu melakukan empat kriteria
dengan benar
|
Jika siswa mampu melakukan tiga kriteria
dengan benar
|
Jika siswa mampu melakukan dua kriteria
dengan benar
|
Jika siswa mampu melakukan satu kriteria
dengan benar
|
4. Gerakan ayunan dua lengan memutar ke
kiri dan ke kanan
|
·
Sikap
permulaan tegak, anjur kaki kiri, kedua lengan ke samping kanan.
·
Hitungan 1
dan 2: putar kedua lengan di depan badan, diikuti kaki melangkah 2 langkah ke
samping kiri.
·
Pada
hitungan 2 : kedua lengan di samping kiri,
· Hitungan
3 dan 4: Putar kembali ke arah sebaliknya
· Sikap
akhir:
Sikap akhir adalah sikap setelah melakukan
semua gerakan, yaitu:
-
Berdiri dengan sikap tegak rileks
- kedua tangan rapat si samping badan
|
Jika siswa mampu melakukan empat kriteria
dengan benar
|
Jika siswa mampu melakukan tiga kriteria
dengan benar
|
Jika siswa mampu melakukan dua kriteria
dengan benar
|
Jika siswa mampu melakukan satu kriteria dengan
benar
|
Nilai untuk rangkaian gerakan
ayunan lengan
1. Nilai untuk gerakan ayunan
satu lengan depan belakang

2. Nilai untuk gerakan ayunan
satu lengan dari depan ke samping

3. Nilai untuk gerakan ayunan
satu lengan ke samping bersamaan memindahkan berat badan

4. Gerakan ayunan dua lengan
silang depan di muka badan

5. Nilai untuk rangkaian gerakan
ayunan

3. PPKn dinilai dengan daftar
periksa
Kriteria
|
Keterangan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|
Berdasarkan hasil wawancara,
siswa mampu melaporkan tentang hak dalam pemanfaatan lingkungan berikut 3
contoh.
|
|
|
Siswa melaporkan kewajiban
terhadap lingkungan dan memberikan 3 contoh.
|
|
|
Berdasarkan hasil wawancara,
siswa melaporkan kewajiban yang belum dilaksanakan.
|
|
|
Siswa melaporkan kewajiban
terhadap lingkungan yang banyak dilanggar oleh masyarakat.
|
|
|
4. Bahasa Indonesia dinilai
dengan rubrik
Kriteria
|
Bagus
|
Cukup
|
Berlatih Lagi
|
Struktur Cerita
|
Memuat awal, pertengahan, dan
akhir cerita yang ditulis dengan lengkap (√)
|
Memuat awal, pertengahan, dan akhir
cerita, namun kurang lengkap
|
Cerita tidak memuat salah satu
aspek (awal, pertengahan, atau akhir)
|
Latar Cerita
|
Memuat latar (setting) dalam
cerita yang ditulis secara detail
|
Memuat latar (setting) cerita,
namun kurang detail (√)
|
Tidak memuat latar (setting)
dalam cerita
|
Tokoh Cerita
|
Memuat nama tokoh dengan
lengkap (√)
|
Memuat nama tokoh, namun kurang
lengkap
|
Tidak memuat tokoh cerita
|
Keruntutan
|
Seluruh kalimat runtut
|
Terdapat 1-2 kalimat yang tidak
runtut (√)
|
Terdapat 3 atau lebih kalimat
yang tidak runtut
|
5. Penilaian sikap (percaya diri)
Penilaian Sikap
No
|
Sikap
|
Belum Terlihat
|
Mulai Terlihat
|
Mulai
Ber-kembang
|
Membu-daya
|
Ket.
|
1
|
Teliti
|
|
|
|
|
|
2
|
Bertanggung Jawab
|
|
|
|
|
|
3
|
Disiplin
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
.
NIP .
|
|
Guru Kelas IV
SAIDIN, S.Pd.SD
NIP .
|
||
|
|
|
||
No comments:
Post a Comment