Thursday, January 19, 2017

TUGAS EVALUASI PEMBELAJARAN

Description: F:\logo_univ_Muhammadiyah_cirebon.jpgUNIVERSITAS MUHAMMADIYAH CIREBON
NIM                           : 150641200
NAMA                                   : NURUL HIKMAH
KELAS                      : SD.15B1
PRODI/ SMST                      : PGSD / 3
MATA KULIAH        : PENGANTAR EVALUASI PEMBELAJARAN
DOSEN                     : GIGIN PRAYITNO, M.Pd

SOAL DAN JAWABAN
1.       Buatlah soal dengan menggunakan penilaian kinerja pada siswa di SD, sertakan pula rubrik penilaiannya?
Nama                    : .................................................
Kelas                     : .................................................
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III
TAHUN PELAJARAN 2016/2017


1. buatlah puisi yang bertemakan ilmu!
2. Buatlah pantun, yang terdiri dari :
Ø  pantun jenaka
Ø  pantun nasehat


A. Kriteria Penilaian Puisi
Kriteria
Indikator
Skor
Baik
(1) menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar (2) rima dan diksi yang benar (3) estetika kata-kata
50
Cukup
Memiliki minimal 2 Performance outcame yang dihasilkan.
40
Kurang
Memiliki minimal 1 Performance outcame yang dihasilkan.
30

B. Kriteria Penilaian Puisi
Kriteria
Indikator
Skor
Baik
(1) memenuhi aturan-aturan membuat puisi berupa baris, suku kata, dan sajak (2) kesesuaian kata atau kalimat (3) kesesuaian dengan tujuan jenis puisi
50
Cukup
Memiliki minimal 2 Performance outcame yang dihasilkan.
40
Kurang
Memiliki minimal 1 Performance outcame yang dihasilkan.
30






 
 




































RUBRIK PENILAIAN
NO
SOAL
SKOR
1.
SOAL NOMOR 1-5
20

Rumus jumlah skor = (A+B+C+D+E)  ditambahkan dari setiap jawaban soal yang benar


2.       Buatlah soal dengan menggunakan penilaian portofolio, sertakan rubrik penilaiannya, sertakan pula agenda kegiatannya?
Setiap siswa membentuk kelompok yang berjumlah 5 anak, kemudian setiap kelompok diminta untuk membawa benda yang berbentuk tabung. Dari setiap tabung yang dibawa, setiap kelompok diperintahkan untuk mencari luas tabung yang mereka bawa dan dikerakan secara berkelompok.


1. carilah luas dari setiap benda tabung yang kalian bawa!
2. presentasikan hasil kerja kelompok kalian didepan kelas!

Rubric penialain kelompok
No
Aktivitas
Skor (1-100)
1
Kekompakan atau keikutsertaan setiap anggota kelompok

2
Kesesuaian benda yang dibawa (benda tabung)

3
Mengetahui cara mencari Luas tabung

4
Mempresentasikan hasil diskusi dengan baik meliputi; bahasa, pembawaan, dan sistematik.

5
Tanggung jawab setiap kelompok


Rumus skor = (semua skor aktivitas dijumlahkan) : 5


 
 
 





















3.       Apakah anda termasuk kedalam mahasiswa yang profesional? Jelaskan pula bagaimana cara menjadi guru yang profesional?
; menurut saya cukup professional, karena saya cukup mentaati peraturan yang ditetapkan kampus, tetapi tidak lebih professional karena tidak mengikuti beberapa kegiatan dikampus seperti Unit Kegiatan Mahasiswa dan kegiatan lainnya.

Sesuai dengan Permendiknas bahwa guru harus mempunyai 4 kompetensi, yaitu; pedagogic, kepribadian, social, dan professional. Untuk menjadi guru yang professional menurut saya guru harus memnuhi 3 kompetensi yang lain dahulu meliputi kompetensi, social, pedagogic, dan kepribadian dari pemenuhan kempetensi kompetensi tersebut maka akan terbentuk guru yang professional. Kemudian guru yang professional juga harus memenuhi tugas dan kewajibannya sebagai guru, meliputi membuat RPP, mengelolah kelas dengan baik, mendidik siswa siswinya, mengerjakan pembelajaran efektif, dsb.

No comments:

Post a Comment