Thursday, January 19, 2017

RUBRIK PENILAIAN DARI KINERJA PEMBUATAN PROD

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan          :  SD Negeri Prapag Lor 02
Kelas / Semester              :  4 / 1
Tema / Topik                   :  SBdP
Petemuan ke                    : 
Alokasi Waktu                 :  1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI
þ  Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yangdianutnya
þ  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
þ  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati danmenanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
þ  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR
Seni, Budaya, dan Prakarya
þ  Menjelaskan keunikan karya seni  dan karya kreatif
þ  Membuat karya seni dan karya kreatif  teman
þ  Merawat karya seni dan karya kreatif  yang ada di sekolah
þ  Menunjukkan kebanggaan terhadap karya sendiri

C.     TUJUAN

Seni, Budaya, dan Prakarya
þ  Membuat kreasi tempat pensil dari kain flanel
þ  Memanfaatkan bahan yang ada untuk membuat karya
þ  Membuat tempat pensil sesuai kriteria

D.     METODE
Metode               : Praktik

E.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurut Agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
þ   Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
þ   Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
þ   Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan .
10 menit
Inti
Seni Budaya dan Prakarya
þ   Mengukur kain flannel yang akan ditempel sebagai dasar pada kaleng dan digunting
þ   Tempelkan kain flannel pada kaleng sebagai dasar
þ   Gunting kain flannel sesuai kreasi yang diinginkan berupa gambar mobil, bunga, atau bentuk-bentuk lainnya.
þ   Tempelkan kain flannel dengan kreasi masing masing.



Penilaian proses:
þ   Guru berkeliling mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan tugas.
þ   Menilai kerjasamanya, tanggung jawabnya, kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi atau tidak dsb)
þ   Menilai proses atau cara membuatnya
þ   Menilai dengan lembar pengamatan perilaku.


Penutup
þ   Menyimpulkan kegiatan praktik
þ   Memberikan penghargaan kepada peserta didik atas hasil karyanya
þ   Mengajak peserta didik untuk lebih menghargai karya orang
þ   Membaca doa sebagai penutup


F.      SUMBER DAN  MEDIA
þ  Contoh gambar tempat pensil
þ  Kain flanel
þ  Lem UHU
þ  Gunting
þ  Kaleng
þ  penggaris


G.     PENILAIAN
a. Rubric penilaian holistic
Aspek yang dinilai
a)      Prosedur pembuatan
b)      teknik penempelan
c)      hasil
Tingkat (level)
Kriteria umum
4. Superior
a)      Prosedur pembuatan yang sesuai
b)      teknik penempelan yang benar
c)      hasil yang rapi
3. Memuaskan dengan sedikit kekurangan
a)      Prosedur pembuatan benar walaupun tidak sistematis
b)      teknik penempelan yang benar
c)      hasil yang rapi

2. Cukup memuaskan dengan banyak kekurangan
a)      Prosedur pembuatan benar walupun tidak sistematis
b)      teknik penempelan
c)      hasil yang baik namun kurang rapi
1. tidak memuaskan
a)      Prosedur pembuatan dengan tekniknya salah
b)      teknik penempelan yang salah, bekas sketsa ditempel diluar
c)      hasil yang kurang rapi


b.  Rubrik Penilaian Portofolio
NO
Aspek Penilaian
Kriteria Penilaian
SB
B
C
SK
1
Prosedur pembuatan




2
Teknik membuat sketsa




3
Teknik penempelan




4
Hasil akhir yang rapi




5
Kerjasama antar kelompok








Mengetahui
Kepala Sekolah,



Juwita Asmara, M.Pd
NIP. 19711010 199803 2 006


Observer



Nurul Hikmah

                                               









Lampiran Dokumentasi.









No comments:

Post a Comment